SEJARAH SINGKAT AWAL PERGERAKAN GENERASI EMAS MANADO

Pergerakan pelayanan Pendampingan Anjal, Gepeng dan Pemulung Yayasan Emas Indonesia(YEI) masuk di kota Manado semenjak tahun 2012 yang dimulai dari beberapa orang sahabat, diantaranya adalah Marsell A, Joudi Jannes Kotambunan, Stephen Kondoy, Achi, Shelen dan beberapa orang lainnya.

Pada waktu itu Pembina YEI, Samuel R. yang sementara berkunjung di kota Manado dalam suatu kesempatan melihat bahwa kota ini cukup banyak anak-anak yang berkeliaran dijalanan seputaran Mega Mas, Pasar 45 dan Pasar Karombasan. Melihat hal ini, sempat terbersit dalam pikirannya agar anak-anak ini bisa di dampingi kemudian dibina agar mereka tidak lagi turun kejalan, sama seperti yang dilakukan YEI di Kota Semarang. Tapi untuk memulainya tentu dibutuhkan orang-orang lokal yang mendapat Visi pergerakan yang sama. Hal ini merupakan suatu tantangan awal yang harus dicari solusi agar rencana ini bisa berjalan.

Tanpa sengaja, pada akhir tahun 2011 ketika Samuel R. (Pembina YEI) berbicara dalam suatu kesempatan acara rohani yang dibuat oleh PMK UNSRAT  (Universitas Samratulangi) mengenai bagaimana berdampak terhadap Kota, Samuel R. berjumpa dengan saudara Marsell Adam dan beberapa rekan mahasiwa lainnya. Marsell Cs yang tertarik terhadap apa yang disampaikan kemudian mengajak bertemu untuk berbincang-bincang seputaran bagaimana bisa berdampak bagi kota secara praktis. Pembina YEI ini pun mulai membagikan tentang Visi Generasi Emas kepada sahabat-sahabat ini yang kemudian ditangkap dengan baik oleh mereka. Sesudah pertemuan awal ini, terjadi juga pertemuan-pertemuan lanjutan. Dalam pertemuan lanjutan tersebut, bergabung juga Joudi Jannes Kotambunan yang berdomisili di Minahasa. Banyak hal yang dibicarakan, sampai pada puncaknya bagaimana melakukan eksekusi dari Visi yang sudah dibagikan.

Tanpa menunggu lama, Setelah Samuel R kembali ke Semarang, Marsell Cs pada awal tahun 2012 segera melakukan peninjauan ke beberapa lokasi seperi pasar 45, Mega Mas dan TPA Sumompou yang mana dalam hitungan hari di area titik-titik tersebut mereka sudah melakukan pendampingan anak dalam bentuk bimbingan belajar. Begitulah awal mula mengenai pergerakan pelayanan Generasi Emas Manado dimulai dimulai dari beberapa gelintir orang dibawa komando dari Marsell Adam. Dikemudian hari bergabung pula dalam pergerakan ini Bryan, Raflen serta sahabat-sahabat lainnya.

Sementara itu pada waktu yang sama Jannes Kotambunan melakukan kegiatan pelayanan Generasi Emas di Minahasa, tepatnya di kota Tondano dalam bentuk yang berbeda dengan kegiatan Generasi Emas Manado. Pergerakan Generasi Emas Minahasa adalah pelayanan pembinaan di Penjara yang ada di Tondano.

 

LATAR BELAKANG PELANTIKAN PENGURUS MANADO

Sekian tahun  berjalan, kegiatan Pendampingan dan Pembinaan Generasi Emas Manado semakin terus berkembang. Hasil-hasil dari pembinaan ini mulai tampak yang disebabkan oleh banyak relawan-relawan lainnya yang mulai terlibat sehingga usaha-usaha dari para pendamping dan pembina sangat terbantukan. Bahkan beberapa titik-titik pendampingan baru yang kemudian berhasil dibuka. Karombasan dan Wanea merupakan titik pendampingan yang dibuka pada tahun 2016.

Pendampingan anak di wilayah pasar Karombasan

Pendampingan anak di Wanea

Dalam perkembangannya, mulai dirasa untuk perlu membuat legitimasi hukum kepada rekan-rekan Generasi Emas yang ada di kota Manado, agar pergerakan yang berkembang ini bisa lebih tersistem serta teradministrasi dengan lebih baik lagi. Disamping itu ada hal yang cukup penting lainnya yang mana agar kegiatan ini bisa bekersama dengan Pemerintah Kota Manado dalam penanganan permasalahan Anak jalanan, kaum Gepeng dan Pemulung. Bila kemudian bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Manado maka kegiatan-kegiatan ini akan saling memberi manfaat besar, baik Pemerintah disatu sisi dan Generasi Emas Manado disisi lainnya. Dan yang paling merasakan manfaatnya tentu saja mereka(masyarakat) yang didampingi dan dibina itu sendiri. Maka Pengurus Pusat YEI pun segera memutuskan dan menetapkan untuk mengangkat Kepengurusan YEI cabang Manado serta memberikan mereka legitimasi secara hukum dalam kaitannya dengan pendampingan serta pembinaan orang-orag yang dilayani. Dan lewat beberapa kali komunikasi yang cukup intens pada hampir sepanjang tahun 2016, maka ditetapkanlah pada tanggal 25 February 2017 untuk diadakan pelantikan Pengurus Cabang Yayasan Emas Indonesia Wilayah Kota Manado dan sekitarnya secara sederhana. Direncanakan pula untuk acara pelantikannya dilaksanakan di area pendampingan Pasar 45, Kota Manado.

PELANTIKAN PENGURUS

Setelah disepakati mengenai waktu dan tempat acara Pelantikan, maka semua yang terlibat baik pusat maupun daerah, segera melakukan persiapan-persiapan.
Adapun dari Pengurus pusat yang ikut yang ikut menghadiri pelantikan Kepengurusan Cabang Manado yang mendampingi Pembina YEI adalah Bp Pirdo selaku Badan Pengawas, Bp Alwis D selaku Sekretaris YEI Pusat dan Bp Desby Tangkilisan selaku Ketua YEI Jawa Tengah bagian selatan. Satu minggu sebelum acara mereka sudah hadir di Manado.

Hari Sabtu. 25 February, Pukul 07.00 WITA, pelantikan kepengurusan dimulai dengan ibadah singkat menurut tata cara Nasrani dengan diisi oleh renungan Firman oleh Samuel R. Setelah itu, Bp Alwis selaku Sekertaris Umum Pusat mulai membacakan nama-nama mereka yang akan dilantik sebagai Pengurus Inti YEI Cabang Manado dan devisi-devisi lainnya.

Susunan Pengurus Inti Manado adalah sebagai berikut:
PERWAKILAN PEMBINA – Marsell Adam
PENGAWAS – Bp Sammy
KETUA – Bryan W
SEK – Raflen G
BENDAHARA – Meyer
Dan lain-lain yang bisa dilihat dalam gambar bagan dibawah ini

PENUTUP
Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, suatu sejarah baru dalam pergerakan Generasi Emas telah terjadi, dengan ditetapkannya Kepengurusan YEI Cabang Manado. Melalui Pelantikan Pengurus YEI Cabang Manado diharapkan semoga apa yang telah dilakukan ini makin memperkuat barisan Lembaga YEI dalam melakukan pengentasan permasalahan sosial di Indonesia khsususnya Manado.

Selamat bertugas kepada kawan-kawan Generasi Emas Manado, tetap semangat dan mari lakukan kebaikan-kebaikan untuk Negeri tercinta, Indonesia.
Terimakasih untuk kesediaannya menjadi bagian dari pahlawan-pahlawan sosial dari Team Generasi Emas bagi Negeri Ini.

Jayalah Negeri Indonesia.

Berikan Komentar !