strktur jpg 2

 

 

PROGRAM YAYASAN EMAS INDONESIA (YEI)

  1. PENDAMPINGAN ANJAL
    Pendampingan ANJAL(Anak Jalanan) merupakan Program YEI dalam melakukan Pembinaan bagi anak yang masih beraktifitas di jalanan dengan tiga kategori yaitu: Children of the Street, Children on the Street dan Children Vulnerable to Be on the Street.
    Di Kota Semarang kami melakukan Pendampingan di beberapa titik yaitu, Tugu Muda, Lampu Merah Tlogosari, Kisaran PLN Jalan Pemuda, Pasar Peterongan dan Pasar Johar. Sementara Pendampingan Anjal di Kota Menado, YEI melakukan Pendampingan di titik Pasar 45, Mega Mas dan TPA Sumompow.
    Secara sederhana, Pendampingan ANJAL dilakukan dengan cara membuat kegiatan bermain, belajar bersama dan melakukan kreativitas sesuai dengan apa yang disukai oleh anak tersebut. Kegiatan ini bertujuan selain menimbulkan sisi kreatif juga membuat mereka menjadi senang untuk belajar, entah itu membaca, menulis berhitung dan hal-hal yang menyangkut Pendidikan lainnya.
    Selain itu, orang tua anak yang biasa ikut mendampingi si anak akan diberikan penyuluhan dan hal penting lainnya yang menyangkut tumbuh kembang anak.

  2. RUMAH ENTAS
    Program Rumah Entas atau biasa kami sebut dengan Rumah Pengentasan merupakan tempat Pembinaan lanjutan dari Anak Jalanan sampai mereka tidak lagi kembali dijalanan. YEI mempunyai Rumah Pengentasan yang beralamat di jalan Unta Raya 10, Kota Semarang semenjak Tahun 2002. Dalam Program Rumah Entas ada beberapa langkah-langkah:
    – Assesment
    – Orientasi
    – Pembinaan (Mental, Spiritual dan Ketrampilan)
    – Reintergasi
    – Pengentasan anak (Bersekolah, kembali keorang tua dan bekerja atau berusaha mandiri)

  3. RUMAH PANTI ANAK
    Bagaimana anak yang dibina untuk tinggal didalam suatu lingkungan secara bersama-sama layaknya Panti Asuhan lainnya. Selain itu anak-anak yang dibina, tapi tetap tinggal bersama keluarga mereka. Saat ini Tahun 2016, YEI mempunyai Panti Asuhan anak yang bertempat di Manyaran, Kota Semarang, setelah sebelumnya semenjak Tahun 2013 bertempat di Jalan Patiunus 7 no 9b.
  4. RUMAH REHAB
    Rehabilitasi merupakan Program pembinaan Khusus yang mana dalam Lembaga YEI dikategorikan kedalam dua hal. Yang pertama Rehabilitasi kepada mereka yang memiliki ketergantungaan akan penyalagunaan obat terlarang dan yang kedua Rehabilitasi kepada klien yang mengalami gangguan Mental.
    Saat ini Tempat Rehabilitasi dilakukan di Jalan Unta Raya 10, Kota Semarang semenjak Tahun 2010.
  5. SHOW GEN-E
    Merupakan Program Kerohanian yang ditujukan kepada mereka yang ingin bisa lebih berfungsi dalam menjalankan Talenta melayani di depan Jemaat. Adapun dalam Program ini berbentuk seminar dan Training yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan apa yang menjadi topik sesuai dengan prosedur sehingga menjadi kebiasaan.
    Program yang dimulai semenjak tahun 2011 ini sudah dilakukan di pelbagai kota selain di Semarang, yaitu Jakarta, Rembang, Surabaya, Palu dan Salatiga.
    Salasatu Kegiatan Show Gen-e Salatiga

  6. THE HELPING HANDS
    Program ini ditujukan bagi keluarga tidak mampu dengan memberikan bantuan solusi perbaikan Rumah tinggal dan bantuan kebutuhan dasar. Hal ini mulai dijalankan pada tahun 2016.
    (Link : https://yayasanemasindonesia.org/pelayanan-kami/the-helping-hands/)
Mari bagikan!