The Helping Hands adalah suatu PROGRAM yang dijalankan selain Pendampingan ANJAL, RPSA(Rumah Perlindungan Sosial Anak),  Show Gen-E, Rehabilitasi, dan lain-lain di Lembaga Yayasan Emas Indonesia (YEI) yang berfungsi sebagai komunitas yang peduli terhadap warga kurang mampu. Dalam bentuk nyatanya yaitu berupa perbaikan rumah warga yang tak layak huni dan bantuan keperluan dasar Rumah Tangga. Dengan visi utama “Menyatakan Kemuliaan Tuhan Untuk Kebaikan”, diharapkan bahwa pergerakan ini akan membawa orang pada kenyataan adanya Tuhan, yang bukan hanya bersifat seremonial agamawi tapi bisa menyentuh langsung kehidupan sosial masyarakat yang tidak dibatasi dengan suku, agama dan kepercayaan apapun.

LATAR BELAKANG
Latar belakang pelayanan ini dimulai ketika salah seorang sahabat Generasi Emas, bp Andre yang berdomisili di Jepara mengungkapkan kerinduannya untuk bisa melakukan sesuatu bagi orang-orang tidak mampu dalam bentuk bantuan pemberian kebutuhan dasar dan semacam renovasi rumah dalam skala kecil. Tapi dia mau agar pergerakan ini bisa berada di bawah naungan Lembaga Yayasan Emas Indonesia.
Oleh Pembina Yayasan Emas Indonesia (YEI), Bp Samuel, usulan ini sesuai dengan Visi dan Misi Yayasan maka sesudah beberapa kali pertemuan dengan Pengurus YEI lainnya maka dijadikanlah Gerakan The Helping Hands menjadi salah satu bagian dalam Program pelayanan YEI, semenjak bulan Februari 2016, yang mana sesuai pembicaran dan kesepakatan Pengurus, Program ini dijalankan tiap bulan.

KRITERIA TARGET
Karena Program ini bersifat bantuan yang diberikan secara langsung maka YEI mempunyai kriteria-kriteria dari penerima manfaatnya, hal mana akan ditentukan berdasarkan survei lokasi oleh team Helping Hands.
Kriteria penerima manfaat bantuan Helping Hands adalah;
1. Keluarga tak mampu dan miskin
2. Rumah tak layak huni (Tinggal di bantaran sungai, tinggal di TPA, dan semacamnya yang tidak mempunyai sertifikat)
3. Tidak Mempunyai penghasilan tetap
4. Penghasilan dibawah UMR
5. Tidak mempunyai anggota keluarga yang bisa mendukung. (bila mempunyai anak, anak tersebut tidak bisa mendukung dalam keuangan)

DUKUNGAN MASYARAKAT
Tidak tertutup kemungkinan dalam Program ini, bila ada Lembaga, komunitas dan masyarakat lainnya yang mau bekerjasama untuk mendukung agar Program ini lebih bisa ditingkatkan.
Dukungan yang diberikan yang akan disalurkan kepada sasaran yang tepat guna tadi bisa berbentuk barang(Baju, sembako, kep rumah tangga dll) maupun dana, dengan catatan dana yang diberikan akan diberikan kedalam bentuk bantuan yang berwujud barang.
Bila ada yang ingin menyalurkan dana bantuan bisa langsung dikirim di sekretariat jalan Unta Raya 10, Semarang (di jam Kantor, senin-jumat) atau bisa ditransfer ke rekening Bank atas nama Yayasan Emas Indonesia
BCA – 4626757588
BRI – 008301062824507
(Dengan catatan keterangan “Bantuan Helping Hands)

KESIMPULAN
Banyak cara untuk melakukan kebaikan bagi sesama. tapi kebaikan bukan hanya suatu hal dalam memberi saja, melainkan juga sistem yang terukur dan terarah. Yayasan Emas Indonesia yang merupakan suatu Lembaga Sosial yang resmi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota, Propinsi dan Kementrian Sosial dalam melakukan intervensi Sosial di masyarakat mempunyai banyak Program dalam mewujudkan bantuan nyata kepada masyarakat dalam suatu Visi dan sistem yang jelas dan terukur.

Mari bagikan!