Bagi sebagian masyarakat, LAPAS identik dengan para pelanggar hukum. Bahkan ada yang menganggap orang yang dihukum akibat perbuatannya ini adalah orang-orang buangan, sampah masyarakat dan orang-orang jahat yang tidak pernah bisa berubah.

Tapi ada juga sebagian yang menganggap mereka juga manusia yang mungkin bisa salah, tapi berilah kesempatan dan ijinkan mereka dibina agar bisa menjadi lebih baik. Sebab melakukan kesalahan, semua orang pernah melakukannya dengat level masing-masing, hanya mereka, orang-orang di LAPAS mungkin “tidak beruntung” yang lain itu sehingga terbukti bersalah oleh pengadilan sehingga harus menjalani hukuman akibat perbuatan keliru yang mereka lakukan. Sementara orang-orang diluar, para pelanggar-pelanggar itu tidak. Hal semacam ini yang mendasari pelayanan YAYASAN EMAS INDONESIA (Selanjutnya disingkat YEI) untuk turut serta membina mereka bersama Lembaga Binaan LAPAS, LSM maupun Organisasi Keagamaan-Keagamaan lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh YEI Cabang SUMUT di Kota Siantar. Dimotori oleh Hendri Sibuea, Ketua Cabang Sumatera Utara, YEI SUMUT melakukan kegiatan Pembinaan di LAPAS Narkoba di Simalungun kemarin, tepatnya pada hari rabu, tanggal 5 september 20019.

Hendri Sibuea yang juga sebagai Pendeta di GPDI Wilayah Siantar, bersama Pengurus Bagian Sosial YEI SUMUT, saudari Emil, memberikan siraman rohani bagi 37 orang tahanan yang beragama Kristen di salah satu ruangan yang memang disediakan oleh LAPAS untuk pembinaan Rohani Warga Binaan LAPAS Simalungun.


Setelah sebelumnya disambut dengan sangat baik oleh salah satu Pengawas Lapas, Ibu Tiur boru Damanik (bagian kerohanian), kegiatan pembinaan rohani ini berjalan tertib sekaligus antusias dari para tahanan. Tampak terlihat dari ekspresi wajah-wajah mereka yang mengikuti dengan sungguh-sungguh pembinaan ini.


Motivasi yang diberikan kali ini menyangkut bagaimana kedepannya mereka harus bersikap. Jangan pernah lagi melakukan kesalahan hukum, berubahlah menjadi lebih baik lagi. Dan jalani masa hukuman ini sebagai pembelajaran.




Berikan Komentar !