Bersama mitra Yayasan Emas, Ps Rex (gambar tengah) dan adiknya, Richie

Awal mula pendampingan anak jalanan Purwokerto adalah ketika saudara Rex Wuinarno berjumpa dengan Pembina Yayasan Emas, Samuel, di Manado pada bulan Februari. Pada waktu itu Rex Wuinaro yang sempat mengunjungi titik-titik pendampingan anak jalanan Yayasan Emas merasa perlu untuk dilakukan pendampingan yang sama di kota dimana kakaknya, Richie berada yaitu Purwokerto. Disamping itu banyak juga rekan-rekan Rex berada di kota tersebut.

Beberapa waktu kemudian setelah kami kembali ke Pulau Jawa, kontak Rex dan Samuel tetap terus berlanjut mengenai rencana pendampingan anjal Purwokerto. Rex pun tetap menjalin kontak dengan beberapa sahabatnya di kota tersebut yang mana sahabat-sahabat tersebut akan membantu terwujudnya rencana baik ini.

REALISASI

Akhir bulan Februari, tidak menunggu lama Samuel dan Rex Wuinarno setelah berjanji untuk bertemu di Purwokerto guna realisasi dari rencana sebelumnya. Dalam pertemuan tersebut tanpa disengaja mereka berjumpa dengan mantan anak binaan rumah singgah Generasi Emas di Semarang tahun 2004-2006, yaitu Bayu Andre. Dalam tulisan sebelumnya, mengenai Andre bisa lihat disini.

Andre yang kemudian mengetahui rencana ini langsung memperkenalkan Samuel dan Rex kepada Pak Budi, salah satu pejabat DINSOS kota Purwokerto yang malam itu berada ditempat yang sama.

Samuel bersama Bayu Andre

Dengan Bp Budi, Kepala Seksi Sosial Pemerinta Kota Purwokerto (gambar paling kanan)

Dalam pertemuan yang tidak sengaja itu, Samuel dan Rex menjelaskan tentang rencana pembukaan pendampingan anak di Purwokerto. Atas rencana ini Bp Budi pun sangat setuju dan berjanji akan membantu segala apa yang diperlukan demi terwujudnya rencana ini.
Selama kunjungan itu, Samuel dan Rex mengunjungi lokasi-lokasi dimana terdapat anak jalanan maupun lokasi rawan anak turun kejalanan.

KUNJUNGAN KE-DUA di PURWOKERTO
(16-18 mei 2017)

Dalam kunjungan kali kedua, setelah sebelumnya berjumpa Bp Budi dari DINSOS Purwokerto, dan sesuai dengan janji beliau, kali ini Samuel dan Rex pergi ke DINSOS dan berjumpa dengan Bp Agus KABID Reabilitasi Sosial dan berdiskusi panjang mengenai keadaan anak jalanan Purwokerto serta bagaimana langkah-langkah solusi yang akan diambil.

Bp Agus, Kepala Bidang Rehab Sosial (tengah)

Setelah dari kantor DINSOS Purwokerto, Samuel dan Rex kembali ke penginapan untuk bersiap-siap pada sore hari mengadakan kegiatan di salah satu titik lokasi pendampingan, yang mana kegiatan ini bisa dilihat di link youtube di bawah ini.

 

Berikan Komentar !
Mari bagikan!