PENJELASAN mengenai STRATEGI VISI YEI 2017 “BE STRONG TO INVADE”

 

PENDAHULUAN – MENJAWAB TANTANGAN

Dampak arus Infromasi luar biasa yang kita lihat maupun rasakan hari-hari ini di masyarakat (termasuk didalamnya anak-anak), bukan hanya hal positif saja yang bisa diserap, tapi juga informasi negatif, misalnya hal kekerasan, pornografi, narkoba dan budaya-budaya anti sosial lainnya yang semakin merebak belakangan ini.
Disisi lain, adanya kesulitan ekonomi yang terjadi yang juga berdampak pada penurunan sumber-sumber pemasukan ekononomi masyarakat, pengangguran dan mengakibatkan “stagnan”nya program pemberdayaan ekononomi.

Hal ini mau tidak mau membuat kita (yayasan emas Indonesia) yang melakukan pelayanan sosial kepada warga masyakarat ikut merasakan dampaknya secara langsung. Maka diakhir tahun 2016,kami mulai memikirkan untuk melakukan langkah-langkah strategis sesuai tujuan Yayasan Emas Indonesia di Masyarakat secara umum untuk bisa diemplementasikan di tahun 2017 ini guna mengatisipasi hal tersebut diatas.
Rumusan Strategi yang terencana, terukur serta membawa manfaat tentunya akan bisa menjawab tantangan yang ada di masyarakat.
Oleh sebab itu diperlukan suatu VISI 2017 yang mana berdasarkan Visi tersebut, semua elemen dalam Yayasan Emas, bisa bergerak dalam kebersamaan, kejelasan tujuan dalam melangkah dalam satu koordinasi.

Visi 2017 “Be Strong to Invade” (menjadi kuat untuk invasi) merupakan solusi untuk tantangan diatas.

 

“BE STRONG” (MENJADI KUAT)

1. Secara Fisik:
– Adanya peningkatan Program2 berbasis kesehatan baik pengurus maupun anak binaan (Jalinan kerjasama dengan Rumah sakit, Dinas Kesahatan, Penyuluhan kesehatan dan NAPZA)
– Program makanan Sehat, Bergizi dan Olaraga rutin
– Rumah Binaan yang streril dan bersih

2. Secara mental (Jiwa)
– Dibuatkan program pembinaan pengembangan kepribadian
– Program Pembinaan Mental dan karakter lebih ditingkatkan
– Program Study Banding yang berkaitan
– Refresing
dll

3. Kerohanian
– Peningkatan wawasan ke Agamaan
– Program2 retret diadakan

4. Kuat dalam sistem dan managemen
– Sosialisasi mekanisme yang berupa SOP mengenai tata cara pendampingan anak, tatacara rapat, tatacara pemberian tugas, alur sistem yang jelas, tata cara perekrutan relawan dan pengurus YEI.
– Pelatihan SDM dalam hal managemen.
– Study Banding mengenai Managemen dengan Lembaga lain.

5. Pelatihan Ketrampilan
– Kewirausahaan
– Program Pelatihan kerja.

 

INVASI

– Pembukaan titik-titik baru untuk pendampingan anak-anak
– Membuat usaha-usaha sebagai solusi ekonomi bagi warga binaan Yayasan Emas.
– Penggemaan (lewat Medsos, radio, media2 maupun secara langsung)
– Pembukaan cab di daerah lain.
– Rekrutmen Relawan.

 

PENUTUP

Demikianlah penjelasan sederhana dari VISI GENERASI EMAS 2017 yang sebelumnya di awal tahun sudah disampaikan. Tapi agar tetap kokoh dalam perjalanan Yayasan Emas di tahun ini, Tentunya dalam waktu singkat akan ada sosialisasi-sosialisasi secara mendetail bagi semua elemen dalam YEI.

TUHAN BESERTA KITA, SALAM EMAS.

Berikan Komentar !
Mari bagikan!